Primbon Beli Barang Terpopuler

Primbon Beli Barang Terpopuler yakni cara menghitung hari baik untuk membeli barang yang banyak dipakai oleh masyarakat Jawa yang masih memegang teguh budbahasa dan kepercayaan tradisional.

Primbon Beli Barang Terpopuler. Dalam kepercayaan tradisi orang Jawa, dikenal yang namanya hari baik dan hari buruk. Hari baik yakni hari yang dianggap cocok dengan hitungan Primbon. Sebaliknya hari jelek yakni hari yang dianggap tidak cocok dengan hitungan Primbon.

 yakni cara menghitung hari baik untuk membeli barang yang banyak dipakai oleh masyarak Primbon Beli Barang Terpopuler
Primbon Beli Barang Terpopuler
Primbon Beli Barang Terpopuler

Mencari hari baik yakni untuk menghindari hal-hal jelek yang mungkin terjadi. Memamg semua hari itu baik, tapi baiknya untuk apa...?

Perumpamaannya menyerupai kita menciptakan kopi, materi yang diharapkan yakni air matang, kopi bubuk, dan gula standartnya kan gitu. Nah bagaimana jikalau gulanya diganti dengan garam!... kopinya terasa asin kan!... rasanya gak yummy banget, bikin mual malah.

Pertanyaannya yakni apakah garam itu gak baik?...apakah garam itu gak bagus?...
Garam itu baik dan bagus, cuman garam gak cocok bila dicampurkan ketika menciptakan kopi. Begitu juga hari dalam primbon Jawa. Semua hari dianggap baik, tapi baiknya untuk apa, baiknya itu buat ngapain.

Balik Keartikel, Begitu pula ketika membeli barang, lantaran dalam hitungan Primbon Jawa, ketika membeli barang hari dibagi menjadi empat karakter. Primbon Beli Barang Terpopuler

  1. Guru.

    Memiliki abjad dimulyakan, diopeni, disanjung, jadi contoh. Perlakuan pemilik kepada barang tersebut sebagaimana perlakukan seseorang terhadap guru.


  2. Ratu.

    Banyak kesenangan, banyak yang suka, sering/mudah mencari penghasilan (Bhuwet dalam bahasa maduranya). Banyak kesenangan, kegembiraan dari barang tersebut


  3. Rogoh.

    Rogoh artinya ambil, disebutkan jikalau ketika membeli barang tersebut jatuh pada Rogoh, maka barang tersebut bakalan diambil orang atau dicuri orang. Atau sering kehilangan barang.


  4. Sempoyong.

    Jika hatuh sempoyong bakalan banyak menemui atau mendapat kesusahan dari barang tersebut, contohnya motor, sering ngadatkah, sering macet lah, sanggup jadi juga sering kecelakaan. pokoknya banyak kesusahan yang didapat. Primbon Beli Barang Terpopuler


Dari keempat abjad tersebut terbagi menjadi dua kategori
  • Baik.
    Jika jatuh pada Guru dan Ratu.


  • Tidak Baik.
    Jika jatuh pada Rogoh dan Sempoyong.
Tentunya anda pengen jatuh pada hitungan yang baik bukan?!... siapa sih yang pengen sering kemalingan atau tertimpa petaka semisal kecelakaan...semuanya pastinya pengen selamat. Dari perjuangan mencari selamat ini orang Jawa tidak sembrono memilih hari. Disamping sifat sembrono iti tidak baik juga takut dibilang sombong disisi tuhan, lantaran tidak ihtiar atau berhati-hati dalam memanfaatkan dukungan ilahi yang hakikatnya yakni milik tuhan, insan hanya memanfaatkan dengan status hak pakai saja. suatu ketika semuanya sanggup di ambil kembali oleh sang Maha Memiliki dan dimintai pertanggung jawaban. Primbon Beli Barang Terpopuler

Primbon Beli Barang Terpopuler: Cara Menghitung Hari Baik Beli Barang


Primbon Beli Barang Terpopuler. Berikut langkah-langkah menghitung atau mencari hari baik beli barang berdasarkan hitungan Primbon Jawa.

Primbon Beli Barang Terpopuler: Mencari Hari Dan Pasaran


Langkah awalnya yakni memilih dahulu hari dan pasarannya atau mencari dahulu hari dan pasarannya dan selanjutnya diharapkan neptu dari hari dan pasaran tersebut lalu dijumlahkan. Untuk mengetahui neptu hari dan pasaran diharapkan tabel daftar neptu hari dan pasaran menyerupai berikut bagi yang belum menghafalnya, jikalau sudah hafal tinggal menjumlahkan neptu tersebut. Berikut tabel neptu hari dan pasaran.

Primbon Beli Barang Terpopuler
Tabel Neptu Hari Dan Pasaran
Nama HariNeptuNama PasaranNeptu
Senin4Pahing9
Selasa3Pon7
Rabu7Wage4
Kamis8Kliwon8
Jum'at6Legi5
Sabtu9--
Minggu5--
Primbon Beli Barang Terpopuler

Setelah mengetahui neptu hari dan pasaran lalu tentukan hari dan pasarannya. contoh: Ahmad akan membeli sepeda motor pada hari Selasa Pon.

Kita lihat tabel neptu hari dan pasarannya.
Selasa = 3
Pon = 7
Kemudian kita jumlahkan neptu tersebut.
3 + 7 = 10.
Makara jumlah dari neptu hari dan pasaran Selasa Pon yakni 10.

Primbon Beli Barang Terpopuler: Membagi 4


Setelah memilih hari dan pasarannya, langkah selanjutnya yakni membagi jumlah neptu hari dan pasaran tersebut dengan pembagi 4.
Dari rujukan diatas, jumlah neptu hari dan pasaran Selasa Pon yakni 10. Angka 10 ini lalu kita bagi 4.
10 : 4 = 2 ( ambil angka depan koma saja )
4 × 2 = 8
10 - 8 = 2
Makara ada kelebihan atau sisa 2.

Primbon Beli Barang Terpopuler: Melihat Tabel Isi


Setelah menjumlahkan dan membagi neptu hari dan pasaran, langkah selanjutnya yakni melihat tabel isi dari kelebihan atau sisa hitungan tersebut. Dari rujukan diatas, jikalau membeli barang pada hari Selasa Pon ada kelebihan atau sisa 2, jadi jikalau membeli barang pada Selasa Pon jatuh pada Ratu yang artinya berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.

Berwibawa sanggup juga artikan sebagai sanggup barang yang berkualitas bagus.
Ditakuti sanggup diartikan barang tersebut diopeni lantaran rasa suka terhadap barang tersebut agar awet, gak simpel rusak, takut hilang.
Disegani sanggup juga diartikan barang tersebut disegani dipinjam atau dipake orang yang dibentuk sembrono.
Banyak rejeki, Bhuwet dalam istilah maduranya, simpel dibentuk usaha, cari rejeki, pokoknya sering sanggup alasannya yakni yang menghasilkan rejeki dengan barang tersebut.
Jauh dari goro-goro yang mengakibatkan barang tersebut cepat rusak, hilang, dan lain-lainnya.

Lihat tabel isi berikut, dan prediksi dari wataknya silahkan anda terjemahkan dengan pengalaman anda.

Primbon Beli Barang Terpopuler
KelebihanJatuh PadaArtinya
1Gurudihormati,digurukan,lancar rezeki, selamat dan sejahtera.
2Ratuberwibawa, ditakuti,disegani,banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.
3Rogohmudah dimasuki pencuri, boros,kurang senang dan banyak hal-hal yang kurang baik.
4Sempoyongtidak bertahan usang atau tidak kerasan,susah dan sering bertengkar.


Artinya

  • Jika ada kelebihan 1 jatuh pada Guru
  • Jika ada kelebihan 2 jatuh pada Ratu
  • Jika ada kelebihan 3 jatuh pada Rogoh
  • Jika ada kelebihan 4 jatuh pada Sempoyong
Primbon Beli Barang Terpopuler

Primbon Beli Barang Terpopuler: Pancasuda


Primbon Beli Barang Terpopuler. Selain dari tabel isi diatas, adapula yang memakai hitungan Pancasuda. Perbedaan antara keduanya yakni cara membagi dan isinya. Jika tavel diatas dibagi 4, pada hitungan Pancasuda dibagi 5. Caranya sama yang beda hanya isinya.

Contoh: Selasa = 3, Pon = 7
3 + 7 = 10
10 : 5 = 2
5 × 2 = 10
10 - 10 = 0. Sisa 0 dianggap ada sisa 5, atau jikalau jumlah hari dan pasaran tersebut habis dibagi 5 maka jumlah tersebut sama dengan ada sisa 5. Sisa lima jatuh pada Pati, yang artinya mati secara luas.

Lihat lengkapnya pada tabel berikut:

Primbon Beli Barang Terpopuler

Pancasuda

Jika sisaJatuh padaArtinya
1SriRejeki melimpah
2LungguhMendapat derajat
3GedhongKaya harta benda
4LaraSakit, sakit-sakitan
5PatiMati, dalam arti luas


Dari Kedua cara hitungan diatas yang paling banyak dipakai masyarakat dalam membeli barang yakni cara yang pertama dengan pembagi 4. Primbon Beli Barang Terpopuler

Untuk sementara hanya ini yang sanggup saya bagikan, silahkan mengembangkan dengan publik, teman, group atau komonitas sosmed anda, dan silahkan sisipkan komentar anda perihal pengalaman anda membeli barang dikotak komentar yang tersedia untuk memperkaya gosip bagi pengunjung lain.
Semoga artikel ini Primbon Beli Barang Terpopuler ada manfaat, jangan sungkan-sungkan untuk berkunjung kembali diblog ini dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Primbon Jam Maling Dan Kegunaannya

Arti Haid Menurut Waktu, Tanggal, Bulan, Hari Dan Pasaran

3 Mantra Pawang Hujan Terpopuler